Call Center Info and Order :

Tlp : 021 75902426 / 08118992005
SMS / WhatsApp : 087889410009
BBM : 5B058F41
Email : pesona.express@gmail.com
pesona. Diberdayakan oleh Blogger.

Bisnis Usaha Frozen Food

Peluang usaha makanan beku semakin hari semakin diminati oleh banyak orang. Makanan beku atau frozen food, Selain cara penyajiannya praktis,makanan ini juga tahan lama dan banyak sekali pilihannya,misalnya Bakso, naget, sosis, kornet, perkedel, karage adalah makanan beku yang dapat dijadikan lauk. Sedangkan lumpia, martabak, kaki naga dan tempura banyak orang menjadikannya sebagai camilan.makanan beku ini bisa jadi solusi dan sangat cocok bagi ibu2 rumah tangga yang super sibuk karena cara penyajiannya yang praktis dan mudah sehingga tidak memakan waktu yang lama dalam memasaknya.

Peluang usaha jualan makanan beku sangat menarik untuk di kembangkan, karena selain mudah juga tidak butuh banyak modal dan juga luas pengembangannya.usaha ini bisa anda mulai dari skala rumahan.
misalnya dengan menjual makanan siap saji sebagai jajanan anak-anak, atau anda menjadi agen bagi pedagang jajanan keliling.

untuk Memulai usaha ini anda membutuhkan tempat. Tempat yang strategis memang perlu, namun itu tidak mutlak. Anda bisa memanfaatkan garasi rumah anda , teras ataupun ruang tamu. Yang penting keberadaan usaha anda bisa diketahui oleh pelanggan anda. Menjalankan usaha ini anda tidak perlu ketrampilan khusus dan usaha ini juga dapat dikerjakan oleh anggota keluarga anda.

Alat yang di butuhkan untuk usaha ini ialah freezer atau mesin pembeku untuk menyimpan dan memajang barang dagangan anda, bagi anda yang baru memulai usaha ini bisa memanfaatkan kotak freezer yang ada di kulkas,akan tetapi kapasitasnya sangat terbatas.untuk menekan biaya anda bisa membeli freezer bekas yang masih baik.kalo memang dananya belum mencukupi untuk membeli freezer yang baru.

Semakin besar kapasitas freezer, semakin besar pula konsumsi listriknya.untuk itu Pastikan daya listrik yang terpasang di tempat anda mencukupi. Pelajari juga cara mengoperasikan freezer yang dapat menghemat pemakaian listrik.

Membeli langsung dari produsen harganya murah,akan tetapi biasanya ada syarat-syarat tertentu, atau mengarahkan anda pada distributor/agen yang telah ditunjuk. Bahkan ada beberapa distributor/agen yang bersedia meminjamkan freezer pada anda, tentunya ada perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan. Anda juga bisa mencoba minta alat-alat untuk promosi seperti brosur, stiker,papan nama dan spanduk dari distributor/agen anda.

Perhatikan

jika anda membidik pasar jajanan anak-anak, faktor harga lebih berperan agar terjangkau uang saku anak-anak, Apabila anda membidik pasar ibu-ibu rumah tangga, sediakan produk yang menomorsatukan kualitas makanan, rasa, serta penampilan kemasan.

produk yang anda jual harus banyak pilihannya ,karena itu bisa menarik pembeli. Meskipun masa berlaku makanan beku biasanya adalah 6-12 bulan, namun bukan berarti anda bisa menyimpannya lama-lama. Setiap menit freezer anda mengkonsumsi biaya listrik. Anda bisa menekan biaya dengan cermat memilih produk untuk dijual, meningkatkan perputaran produk serta mengurangi produk slow moving (produk yang lambat terjual).
Perhatikan pula masa kedaluarsa produk. Sebaiknya anda menjual produk yang masa berlakunya minimal 70-80%.

Tentukan Target Pasar

Bagi anda yang pemula, mulailah target pasar anda di lingkungan tetangga sekitar, teman-teman sekantor suami anda, ibu-ibu PKK, dan masih banyak lagi target pasar skala kecil yang anda bisa sambangi. Menentukan target pasar diawal akan membantu anda untuk memperkirakan besarnya modal yang anda harus persiapkan. Modal untuk usaha frozen food ini tidak terlalu besar jika anda sudah memiliki freezer yang mendukung. Modal akan anda perlukan untuk membeli bahan-bahan baku frozen food yang anda produksi.

Belajar Membuat Produk Frozen Food

Ada banyak jenis produk makanan beku yang beredar di pasaran. Jika anda belum menguasai seluruhnya, jangan berkecil hati, anda bisa memilih satu atau dua jenis produk makanan beku yang anda tahu cara membuatnya. Jika anda saat ini baru memahami cara pembuatan bakso dan nugget, pilih produk itu untuk produk awal anda. Jika selama ini anda hanya mengetahui dari resep, coba praktekan dulu untuk anda konsumsi sendiri. Anda rasakan dulu sendiri, dan coba anda tawarkan pada anggota keluarga untuk turut mencicipi. Bila ada kekurangan, mintalah saran dari keluarga anda mengenai rasanya, bahan apa yang perlu ditambahkan agar produk frozen food anda layak untuk dijual.

Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Berbisnis makanan akan sulit jika anda mengabaikan kualitas bahan baku produk makanan yang anda buat. Karena rasa memang tidak bisa berbohong. Jika bahan baku yang anda gunakan bukan bahan yang benar-benar segar, hasil produksi makanan anda pun tetap akan terasa di lidah konsumen. Maka dari itu, selalu letakkan kualitas bahan baku di nomor pertama. Prioritaskan kualitas, maka keuntungan akan mengikutinya sendiri.

Perhatikan Kemasan Produk Frozen

Bila rasa yang enak sudah didapat, jangan lupa untuk memperhatikan kemasan produknya. Kemasan produk juga akan menentukan laris tidaknya produk anda di pasaran nantinya. Jika anda memang sudah menasbihkan sedari awal bahwa produk makanan beku anda tidak mengandung bahan pengawet apapun, coba untuk mengemasnya dengan alat pengemas kedap udara. Alat pengemas ini memang lebih mahal jika dibandingkan alat pengemas biasa. Anda bisa menggunakannya saat anda sudah mengetahui perkembangan bisnis frozen food anda.

Kelola Hubungan Baik Dengan Konsumen

Setelah kemasan yang baik sudah anda penuhi, selanjutnya adalah jalin hubungan baik dengan konsumen produk frozen food anda. Konsumen produk anda bisa sebagai pembeli eceran yang berlangganan pada anda ataupun para reseller yang menjadikan anda sebagai supplier frozen food yang mereka jual. Untuk menjaga hubungan baik, anda bisa memberikan potongan harga khusus bagi konsumen atau para reseller anda. Bila berkenan, anda bisa memanfaatkan libur hari besar keagamaan seperti Lebaran atau Idul Fitri misalnya untuk memberikan mereka bingkisan khusus atas kesetiaan mereka percaya pada produk anda. Tidak perlu bingkisan mahal, karena bila anda tulus, niat baik anda akan lebih mudah tersampaikan dan dimengerti.

Delivery
Untuk pengantaran bisa menggunakan jasa kurir Pesona Express , kurir kue , kurir makanan , kurir frozen food dll